ULASAN 2 - Virtual Machine Power the Cloud

Akhir-akhir ini kita mengetahui bahwa Cloud Computing merupakan sebuah tren di kalangan bisnis baik lokal maupun internasional. Tapi apakah anda tahu rahasia apa yang terdapat dibalik Cloud Computing? Jawaban ini dapat ditemui dari video menarik dari kanal Youtube Computerphile, dalam videonya yang berjudul "Virtual Machines Power the Cloud - Computerphile," yang diunggah 5 Oktober 2013, saat ini video tersebut sudah ditonton sebanyak 94 ribu kali dan dapat diakses dari tautan berikut https://youtu.be/GIdVRB5yNsk.

Kembali ke pertanyaan pertama, rahasia dibalik Cloud Computing adalah Virtualization. Virtualization, atau dalam istilah lokal virtualisasi merupakan sebuah metode untuk dapat menjalankan sebuah aplikasi seperti Sistem Operasi diatas Sistem Operasi lainnya. Di dalam video dijelaskan bahwa teknologi ini sebenarnya sudah diperkenalkan sejak tahun 1970an ketika IBM mencoba untuk menggaet para pebisnis yang pada saat itu masih menggunakan komputer, OS dan bagian-bagian yang berbeda menjadi satu dengan teknologi Virtual Computer, yang melakukan emulasi komputer lain secara virtual diatas komputer fisikal. Dalam video diatas, dibahas juga mengenai beberapa jenis penyedia virtualisasi yang terkenal seperti VMWare dan Xen.

Hubungannya dengan Cloud Computing? Dalam video dijelaskan bahwa, misalkan kita memiliki prosesor dengan 32 core. Hingga saat ini tentunya masih sangat jarang aplikasi yang menggunakan core sebanyak itu, jadi apa yang bisa kita lakukan adalah membali core prosesor tersebut menjadi beberapa mesin virtual, biasanya satu mesin virtual menggunakan satu atau dua prosesor. Kemudian, mesin virtual ini dapat dikomersilkan untuk kepentingan bisnis. Keuntungannya dibandingkan komputer konvensional adalah kita dapat langsung menggunakan layanan secara cepat tanpa harus melakukan konfigurasi lebih lanjut yang tidak terlalu penting dalam layanan yang akan digunakan. Selain itu, virtualization juga memungkinkan pengguna untuk menggunakan sistem operasi yang sudah berusia sangat lama seperti Windows NT, tanpa perlu memikirkan konfigurasi untuk kompatibilitas mesin.

Menurut saya, adalah sebuah hal yang menarik bahwa dalam booming-nya cloud computing akhir-akhir ini, ternyata dibaliknya adalah teknologi yang sudah lama, yang bahkan sudah mulai digunakan pada tahun 1970an. Selain itu, dengan mengetahui mengenai virtualisasi, kita juga bisa memaksimalkan penggunaan komputer kita seperti dengan melakukan virtualisasi beberapa sistem operasi sekaligus dalam satu komputer, yang merupakan sebuah hal yang sangat efektif sebagai seorang mahasiswa, khususnya mahasiswa Ilmu Komputer yang kadang membutuhkan beberapa sistem operasi yang berjalan tanpa perlu membeli hardware baru.

GITHUB Account: VictimCrasher
Durasi : 09:33
Video Author: Computerphile
Pemetaan Konten: week10
Tanggal Submisi Revisi Pertama: 19 Mei 2017
Tanggal Submisi Revisi Terakhir: 19 Mei 2017

Komentar

Postingan populer dari blog ini

RANKING05 ULASAN PESERTA OS 2017-1

RANKING09 ULASAN PESERTA OS 2017-1